Sabtu, 18 Februari 2012

NASKAH KUNINGAN - SYNOPSIS

Judul Buku                 :  Sajarah Wali Syekh Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati
                                         (Naskah Kuningan)
Alih aksara dan bahasa  : Amman N. Wahju, 2007
Penerbit                          : Penerbit PUSTAKA
Jl. Penghulu Haji Hasan Mustafa No. 121, Telp 022-7210778,
022-7103616, Bandung, 40125
Tebal                             :  524 halaman.
ISBN                              :  ISBN 978-979-1036-20-7

Naskah ini adalah alih bahasa dari sebuah babad, ditulis berupa rangkaian dari pupuh-pupuh yang berjumlah sebanyak 21 pupuh (dengan 170 saleh / bait dan 1.480 padan/baris) ditulis dalam aksara Arab Pegon dalam bahasa Jawa Kuno dengasn dialek Cirebon dan Sunda. Naskah asli dari babad ini ini merupakan pusaka yang disimpan beberapa generasi di keluarga Soerya Atmaja.

Naskah ini sejalan bahkan melengkapi apa yang dikisahkan dalam Naskah Mertasinga. Misalnya mengenai kekerabatan Sunan Gunung Jati dengan keluarga Pangeran Panjunan dari Bagdad dan juga dengan ulama-ulama lainnya yang datang ke Carbon, dimana dalam babad ini diceritakan dengan lebih detil. Berbeda dengan Naskah Mertasinga, disamping uraian ‘sejarah’ dalam naskah ini lebih banyak berisikan uraian-uraian mengenai ajaran Tasawuf, khususnya mengenai ajaran Tarekat Syatoriah dan utamanya dalam paham wahdatul wujud. Hal ini tidak mengherankan karena naskah ini merupakan bagian dari sebuah naskah lama yang berisikan pelajaran mengenai tarekat tersebut.

Mengenai waktu penyelesaian dari penulisan naskah asli, sebagaimana tercantum dalam bagian terakhirnya disebutkan: waktu  ing Jim telu ing dinten Salasa tanggal 17 wulan Jumadil Awal atau 4 April 1880 M. Dalam buku ini  dicantumkan baik alih aksaranya dari tulisan arab kedalam huruf latin, dan terjemahannya, beserta beberapa catatan kaki untuk melengkapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar